Pages

Minggu, 03 April 2011

KEBUDAYAAN BESERTA INOVASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANGGOTA MASYARAKAT

KEBUDAYAAN BESERTA INOVASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANGGOTA MASYARAKAT

KEBUDAYAAN BESERTA INOVASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANGGOTA MASYARAKAT

Kebudayaan merupakan suatu hasil dari peradaban manusia. Ia terlahir dari berbagai aktivitas manusia dalam konteks lingkungan. Jika dilihat dari perspektif lingkungan itu sendiri, lingkungan terbagi atas dua bagian besar, yakni lingkungan fisik, dan lingkungan nonfisik. Lingkungan fisik meliputi letak geografis, bentang alam, keadaan alam (suhu, udara, air, dan tanah), dan kekayaan alam (aspek biotic, dan aspek nonbiotik). Selain lingkungan fisik juga terdapat lingkungan nonfisik. Lingungan non fisik adalah lingkungan yang tidak berhubungan dengan kondisi fisik alam, akan tetapi titik fokusnya terletak pada kehidupan mansia, seperti ekonomi, social, politik, filsafat, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kehidupan social dalam masyarakat. Situasi dan kondisi lingkungan yang disebutkan diatas yang menunjang terhadap aktivitas manusia tersebut, mengakibatkan perbedaan pada cara bagaimana suatu kebudayaan terbentuk, sebagai hasil dari cipta, karya, dan karsa manusia dalam aktivitasnya.
Dewasa ini kebudayaan menemukan berbagai inovasi atau kebaruan. Salah satu factor penyebabnya adalah banyaknya kebudayaan lain yang masuk terhadap lingkungan, sehingga terbentuklah kebudayaan multicultural, sebagai akibat dari adanya proses perpaduan kebudayaan yang satu dengan yang lainnya, sehingga menciptakan kebudayaan baru yang sama sekali baru, kebudayaan hasil perpaduan antara dua kebudayaan akan tetapi tidak menghilangkan kebudayaan aslinya.
Adanya kebudayaan yang beragam atau biasa disebut sebagai kebudayaan yang multikultural, dapat menambah khazanah kebudayaan yang ada, namun masalah yang timbul kemudian adalah diperlukannya toleransi sosial dari masyarakat untuk saling menghargai kebudayaannya satu sama lain, sehingga tercipta kerukunan social, hingga akhirnya dapat memperkuat identitas nasional, karena adanya perasaan saling memiliki antara satu dengan yang lainnya.
Kebudayaan sebagai hasil produk dari karya, cipta, dan karsa manusia, yang berdasarkan kesepakatan bersama diakui keberadaanya, serta didalamnya selalu memuat aturan-aturan tertentu berdasarkan masyarakat tertentu pula, dan konteks lingkungan tertentu pula.
Adanya perubahan kebudayaan baik secara cepat (revolusioner), maupun secara lambat (evolusionerU), jika anggota masyarakat belum siap dengan perubhan kebudayaannya maka sering terjadi pergeseran tatanan nilai, dan norma dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar